ANTARA Meditasi dan berkah ibadah

Sudut pandang yang berbeda di tunjukan oleh orang China. Bagi orang China meditasi merupakan sebuah ibadah atau sembahyang, jadi meditasi dan ibadah selalu dikait-kaitkan dengan urusan keberkahan dari Tuhan. yang meyakini bahwa meditasi kelompok memberikan pahala atau manfaat yang lebih besar, dibandingkan dengan meditasi yang dilakukan sendirian di di rumah selama sekian hari, bulan bahkan tahun.

Mereka juga meyakini bahwa semakin banyak jumlah dalam kelompok akan memberikan pengaruh yang besar terhadap diri kita masing-masing. Efek positif yang dimaksud adalah manfaat rohani dan psikis.

Hampir bisa dipastikan para pakar akan merasakan aura orang yang tidak pernah atau jarang meditasi kelompok. Bahkan orang yang dikatakan bukan pakar tapi biasanya ikut meditasi kelompok saja bisa merasakannya juga, meditatornya sendiri juga merasakan jika dia biasanya ikut meditasi kelompok lalu beberapa kali meditasi sendiri juga secara otomatis akan merasakan perbedaan yang cukup mencolok.

Hal yang paling dirasakan ketika sering melakukan meditasi kelompok kemudian melakukan meditasi sendiri beberapa kurun waktu adalah terletak pada pola pikir dan hati kita tidak terasa murni.

Efek Meditasi Kelompok

Berkah luar biasa akan dapat didapatkan ketika melakukan meditasi kelompok, lebih banyak yang melakukan meditasi kelompok maka akan lebih baik, berkah yang didapatkan pun luar biasa.

Apakah bisa negara kita mendapatkan berkah hanya karena beberapa orang saja yang melakukan meditasi?”. Benar, seperti halnya jika ada keluarga yang tinggal dalam satu rumah besar, semua sudah cukup dan aman ketika ada dari salah satu mereka yang kaya kemudian bersedia untuk menyumbang. Jika rumah tersebut dalam keadaan bocor maka orang yang kaya tersebut akan menyumbang atau memperbaiki ketika rumah dalam keadaan bocor. Ini sama halnya memberikan manfaat bagi satu keluarga yang tinggal di rumah tersebut. Hal inilah yang menjadikan rasa aman satu keluarga berapa pun yang tinggal didalam rumah tersebut. Logikanya, orang lain akan mendapatkan berkah yang istimewa sekali pun yang melakukan meditasi hanya beberapa orang saja.

Namun jika dilogikan lagi akan lebih baik jika yang melakukan meditasi adalah keseluruhan keluarga. Ketika satu rumah penghuninya kaya semua, dan ketika ada bagian rumah yang bocor maka semuanya bisa menyumbang atau bahkan memperbaikinya bersama-sama. Berat sama dipikul ringan sama dijinjing.

Kita bisa bayangkan lampu penerangan di pinggir jalan. Cukup satu lampu penerangan dapat memberikan manfaat bagi pejalan kaki, tidak Cuma satu pejalan kaki saja namun siapa saja yang lewat, bisa berjumlah ribuan pejalan kaki yang lewat. Lampu tersebut tidak mengalami kerugian apapun, namun akan lebih banyak guna dan manfaat siapa saja yang lewat atau menggunakannya.

Ini menjadikan sebuah pemahaman bahwa walaupun banyak sekali orang didunia ini yang tidak berlatih rohani, ini menjadikan cukup jika kita sendiri yang melakukannya. Jika sama sekali tidak ada yang melakukan berlatih rohani maka sama halnya satu desa tidak ada cahaya, tentu akan menjadikan gelap total.

Jika mempunyai satu atau dua titik cahaya ini akan lebih baik dengan sama sekali tidak ada cahaya. Menjadikan jalan raya gelap, namun apabila masih ada dua atau satu titik cahaya walaupun jarak jauh kita masih bisa melihatnya. Intinya berlatihlah rohani setiap hari, karena akan memberikan manfaat pada diri sendiri dan orang lain.

1,776 total views, 7 views today

Share This: