Kopi Sebagai Penghilang Stress

Kopi Penghilang Stress-Permasalahan hidup seringkali membuat kita stress. Setiap orang pasti pernah mengalami stress, entah stres karena masalah sosial, bisnis dan ekonomi. Kadang hal sepele pun bisa menjadikan stress, seperti macet di jalan, antri sesuatu, punya banyak tagihan, dan tekanan dari atasan.

Banyaknya stress, dan stres yang berkepanjangan dapat merusak kesehatan. Banyak cara yang dilakukan untuk menghilangkan stess tersebut. Seperti minum obat, tidur, pergi piknik, bahkan ada yang melakukan meditasi. Disamping semua itu ada cara yang lebih praktis untuk menghilangkan stress yaitu dengan cara yang sederhana: meminum kopi atau teh

Para peneliti yang dipimpin oleh Profesor Christa Müller dari Universitas Bonn telah menunjukkan bahwa kafein meredakan gejala-gejala khas stres seperti pelupa, cemas dan perasaan tertekan pada tikus. Para ilmuwan setiap hari memberikan air minum berisi kafein (satu gram per liter, setara dengan tiga sampai empat cangkir kopi pada manusia) kepada tikus-tikus yang menderita stres kronis .

Hasilnya, tikus-tikus stres yang menerima kafein memiliki jauh lebih sedikit gejala stres dibandingkan mereka yang hanya menerima air putih (kelompok kontrol). “Kafein secara umum menghambat peningkatan hormon stres kortisol dalam darah,” kata Müller. Tikus-tikus yang mendapatkan kafein memiliki memori lebih baik, kurang merasa tertekan dan kurang cemas. Selain itu, mereka juga memiliki metabolisme otak yang lebih normal dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Apakah sesimpel itu kopi bisa menghilangkan stress? Perlu Anda ketahui bahwa  Kafein mengandung alkaloid jenis xanthine, yang berfungsi memblokir reseptor adenosin A2A. Ketika stres, tubuh memproduksi lebih banyak adenosin A2A yang menimbulkan berbagai gejala stres.

Walaupun demikian, perlu diperhatikan juga bahwa konsumsi kafein dalam dosis tinggi dan berlebih, dapat memiliki berbagai efek samping yang berbahaya. Hendaknya mengkonsumsi  tiga sampai empat cangkir kopi sudah cukup dalam satu hari, tidak berlebihan. Dengan meminum kopi pikiran yang stress karena memikirkan kerjaan, target dan sebagainya akan merasa lebih nyaman.

Para peneliti percaya bahwa kafein dapat menjadi titik awal untuk pengembangan terapi stres baru.  Perlu studi lebih lanjut untuk mempelajari cara kerja kafein dan efeknya pada manusia. Karena dari hasil penelitian yang ditemukan pada otak tikus itu berbeda dengan otak manusia.

 

2,268 total views, 13 views today

Share This: