Makanan Kadaluarsa yang Masih Layak Dikonsumsi

Memakan makanan kadaluarsa memang seakan-akan jijik. Tetapi ada juga beberapa makanan yang ketika sudah kadaluarsa namun masih bisa dan layak untuk kita konsumsi. Jadi, makanan kadaluarsa jangan dibuang dulu semuanya, barangkali ada beberapa yang masih layak konsumsi.

Banyak berita yang membeberkan mengenai makanan-makanan kadaluarsa. Dan ironisnya lagi banyak sekali orang yang tidak bertanggung jawab tetap menggunakan makanan kadaluarsa di beberapa restoran dan lainnya.

Tentu hal ini akan menjadikan Anda terburu-buru melihat dan memeriksa label tanggal pada minuman dan makanan yang ada di dapur maupun lemari es Anda.

Jika Anda menemukan adanya minuman atau makanan yang sudah melewati tanggal kadaluarsa maka jangan buang dulu semua makanan kadaluarsa Anda itu. Kenapa demikian?

Menurut pakar dari IPB (Institut Pertanian Bogor) menerangkan bahwa label tanggal kadaluarsa (expiry date) pada minuman dan makanan hanyalah sebatas kualitas terbaik tekstur dan warna. Ini bisa menjadi kesimpulan : walaupun batas tanggal sudah kadaluarsa bukan berarti makanan kadaluarsa dan minuman tersebut bisa menjadikan tubuh keracunan jika dikonsumsi.

Walaupun demikian, tidak semua minuman maupun makanan kadaluarsa bisa disamakan dengan aturan di atas. Dibawah ini penulis akan memberikan beberapa pengetahuan akan beberapa minuman dan makanan kadaluarsa yang masih layak konsumsi walaupun sudah kadaluarsa, makanan kadaluarsa tersebut antara lain:

1.  Susu cair/yoghurt

Jika susu disimpan pada temperatur yang cukup rendah maka akan terjaga lebih lama kurang lebih dengan presentase 50%. Namun hal ini akan berbeda jika sudah disimpan dalam kulkas, karena hanya akan bertahan 5 hari.

Berbeda dengan yoghurt, karena akan bisa bertahan selama 6 minggu, asal yoghurt ini dibungkus rapat dan disimpan dalam kulkas.


Baca Juga :


 

2. Roti, beras dan pasta kering

Jika roti Anda sudah kadaluarsa maka jangan buang, karena masih layak untuk dikonsumsi, asalkan roti ini disimpan dalam freezer. Lain halnya dengan pasta kering atau beras, karena bisa bertahan selama 1 tahun, asalkan ketika disimpan tidak kontak dengan air.

3. Makanan ringan kering

Seperti halnya biskuit, keripik, dan sereal, semua makanan tersebut bisa bertahan 1-2 bulan lebih lama dari tanggal kadaluarsa. Syarat utama menyimpan makanan kadaluarsa ini adalah masih tersimpan rapat di dalam kemasan.

4. Makanan manis

Cokelat, madu dan permen merupakan salah satu jenis makanan kadaluarsa yang masih layak konsumsi walaupun sudah kadaluarsa. Permen bisa bertahan sampai 1-2 tahun, cokelat mampu bertahan 4-6 bulan jika disimpan pada suhu 21 derajat celcius. Dan madu yang sudah mengkristal pun masih aman untuk dikonsumsi walaupun sudah batas tanggal kadaluarsa.

5. Sayuran beku

Selain itu, makanan kadaluarsa yang terakhir yang masih bisa dikonsumsi walaupun pada batas kadaluarsa adalah sayuran. Sayur yang terbuka dan disiman dalam freezer bisa bertahan hingga 1 bulan. Dan jika sayuran masih terbungkus rapat dalam kemasan, maka akan bisa bertahan hingga 2 tahun.

Apa yang menjadi keterangan di atas sudah benar adanya. Yang perlu digaris bawahi adalah semua masih layak dikonsumsi walapun pada batas tanggal kadaluarsa jika disimpan dikalangan rumah tangga (freezer, kulkas dan lain sebagainya).

Tetapi jika makanan kadaluarsa tersebut jika terjadi perubahan pada bau, tekstur dan warna yang cukup signifikan maka urungkan niat Anda untuk mengkonsumsinya minuman dan makanan kadaluarsa tersebut. Untuk kehati-hatian sebaiknya tidak usah mengkonsumsi makanan kadaluarsa. Namun bagi yang merasa dibuang sayang, boleh juga dikonsumsi seperti yang dijelaskan diatas. Jika terjadi sesuatu, silahkan hubungi team kesehatan atau team terapi yang terdekat. Semoga bermanfaat.

 

 

574 total views, 1 views today

Share This: