Manfaat Bekam Untuk Penyembuhan Penyakit.

Mengeluarkan darah kotor dari lapisan kulit tubuh melalui mekanisme tertentu itu adalah terapi bekam. Terapi bekam merupakan terapi kesehatan atau terapi penyembuhan alternatif yang sudah cukup lama dikenal. Ada berbagai manfaat yang dapat dihasilkan dari melakukan terapi bekam tersebut.

Bagi yang tidak biasa melakukannya begitu melihat orang bekam mungkin terlihat seram dan menyakitkan. Tidak semua orang berani melakukan terapi ini, sebab tidak semua orang berani melihat darah yang keluar begitu banyak.

Bekam yang terdengar seram dan menyakitkan, dalam kenyatanya tidak seperti itu. Terapi bekam ini justru tidak sakit dan memiliki banyak manfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Ada dua jenis terapi bekam yaitu bekam basah dan bekam kering. Bekam kering dilakukan untuk orang yang takut suntikan dan darah dengan cara membekam kulit sampai tampak merah kehitam-hitaman, sampai tiga hari, menghisap kulit, lalu memijat-mijat daerah sekitarnya. Sedangkan bekam basah dilakukan setelah bekam kering. Terapi bekam basah menggunakan jarum tajam untuk mengeluarkan darah kotor dari tubuh dengan acara dibekam.

Dalam tubuh kita ada lebih dari 350 titik yang dapat digunakan untuk terapi bekam. Namun dari dari berbagai titik tersebut hanya 12 titik yang sering digunakan untuk terapi bekam, yaitu, di leher, tiga di kepala, di pinggang, kaki, dan dada.

Berbagai penyakit yang dapat disembuhkan lewat terapi bekam ini adalah penyakit kulit, vertigo, depresi, gangguan syaraf, stroke, penyakit jantung, gagal ginjal, kolesterol, darah tinggi, dan masih banyak lagi. Tidak heran banyak pasien yang lebih memilih datang ke pusat penyembuhan alternative lewat terapi bekam, dan terapi-terapi yang lainnya dibanding ke rumah sakit. Di samping lebih sederhana, terapi ini juga tidak menghabiskan banyak biaya.

Untuk penyakit penyakit ringan seperti sakit kulit, sakit pinggang, atau beberapa keluhan lain, terapi bekam hanya perlu dilakukan beberapa kali, maksimal sebulan sekali. Sedangkan untuk penyakit berat yang telah disebutkan tadi, terapi bekam harus dilakukan berulang-ulang, secara rutin, sampai penyakit itu benar-benar sembuh. Tentu saja setiap jenis penyakit dan orang waktu penyembuhannya berbeda-beda. Berikut beberapa manfaat dari bekam di beberapa bagian tubuh.

Bekam di kepala

Salah satu titik yang sering digunakan sebagai titik bekam adalah kepala. Ada beberapa manfaat bekam di kepala antara lain: menyembuhkan migrain, stroke, vertigo, hipertensi, mengobati jerawat, Parkinson, sakit gigi, masalah pada pendengaran, penglihatan, penciuman, dan memperpanjang daya ingat. Tentu saja bekam yang di lakukan di kepala ini tidak boleh sembarangan. Harus dilakukan oleh ahlinya.

 

Bekam untuk jantung

Bagi seseorang yang memiliki penyakit jantung, terapi bekam ternyata sangat bermanfaat bagi penyembuhan. Sebab penyebab utama penyakit jantung adalah kolesterol yang ada di dalam darah dan menyumbat aliran darah dari jantung atau ke jantung. Oleh sebab itu, dengan terapi bekam, darah kotor yang mengandung kolesterol tersebut dikeluarkan dan dapat membantu mengurangi bahkan menghilankan kolesterol yang ada di dalam tubuh.

 

Bekam wajah      

Manfaat bekam wajah antara lain dapat mengatasi masalah jerawat dan kulit wajah yang kusam. Dengan darah kotor yang dikeluarkan lewat terapi bekam, jerawat yang sering timbul akibat sel kulit mati yang tidak dibersihkan, hormon, akan mulai berkurang dan

2,226 total views, 20 views today

Share This: