Kenali Penyakit Hepatitis B dan Cara Mencegahnya.

Sudahkah Anda mengenali penyakit hepatitis B? Mengapa penulis menanyakan demikian? Iya, walaupun di negara Indonesia jumlah penderita penyakit ini, namun masih banyak sekali yang belum mengenalnya lebih dalam.

Kalau pun ada yang mengenal hepatitis B namun belum sepenuhnya mengenal penyakit ini. Apakah Anda tahu? Bahwa penderita hepatitis B di dunia ini mencapai hampir 2 milyar orang. Menurut data yang di tulis WHO bahwa setiap tahunnya orang yang meninggal akibat penyakit ini berjumlah mencapai 600 ribu. Angka yang cukup tinggi bukan?

Apa Itu Penyakit Hepatitis B?

Boleh dikatakan bahwa penyakit hepatitis B merupakan infeksi virus yang menyerang organ hati. Yang mengakibatkan penyakit ini adalah virus dengan nama yang sama yaitu VHB (virus hepatitis B).

Karena Indonesia merupakan kategori daerah endemis sedang, jadi pengidap hepatitis B berjumlah tinggi.

Bisa dikatakan hepatitis B tidak sepopuler infeksi hati lain (seperti halnya hepatitis A), tetapi tahukah Anda penyakit hepatitis B yang akut bisa menyebabkan pada kondisi rusaknya hati yang sangat serius, bahkan bisa menyebabkan kanker hati.

Bagaimana Cara Menularnya Hepatitis B?

Penyakit ini bisa menular melalui tiga jalur, seperti :

  • Ibu yang mempunyai hepatitis B kemungkinan besar anaknya yang di kandung akan mempunyai penyakit ini juga (Secara perinatal/vertikal).
  • Pengidap hepatitis B bisa menular lewat hubungan seksual (IMS).
  • Melalui jarum suntik, cuci darah, transfusi darah, tattoo, akupuntur dan sebagainya (Lewat kulit/darah/horizontal).

Apa Saja Gejala-Gejala Hepatitis B?

Bagaimana kita bisa mengetahui jika ada orang yang mengidap penyakit hepatitis B? Keterangannya adalah sebagai berikut :

  • Warna kulit dan mata menguning (namun tidak berat seperti hepatitis A).
  • Malas makan atau tidak nafsu makan.
  • Muntah dan mual-mual.
  • Mengalami demam tidak terlalu tinggi.
  • Nyeri pada otot
  • Mudah sekali lelah.
  • Mengalami nyeri pada perut atas dan ulu hati.

Bagaimana Cara Penanganan Hepatitis B?

Benar, infeksi virus hpetitis B merupakan jenis penakit organ hati yang sangat serius. Dan kelangsungan infeksi ini bisa berlangsung secara kronis (kurun waktu yang lama).

Jika Anda mengidap hepatitis B akut, ini bisa di kategorikan bahwa Anda bisa gagal hati, kanker hati meningkat dan sirosis.

Oleh karena itu penanganan dini yang perlu dilakukan oleh penderita hepatitis B salah satunya adalah kombinasi obat anti virus.

Selain itu juga diperhatikan untuk diet rendah garam, membatasi cairan dan diet protein tinggi. Jika memang pengobatan hepatitis B tidak berhasil maka opsi terakhir adalah transplantasi hati.

Bagaimana Langkah Yang Tepat Pencegahan Hepatitis B?

Benar, pencegahan lebih baik dari pada mengobati. Untuk itu, penanganan dan pencegahan paling utama untuk pengidap hepatitis B adalah dengan cara memberikan vaksin hepatitis B.

Vaksin ini disebut paling efektif membunuh dan memutuskan transmisi VHB.

Selain itu Anda juga harus memperhatikan jarum suntik bekas, penyaringan hepatitis pada ibu hamil, menjalani modifikasi perilaku seksual menjadi lebih sehat dan lainnya.

Itulah penjelasan berkaitan dengan penyakit heptitis B. Penyakit yang dibilang cukup berbahaya karena bisa menyebabkan kanker hingga kematian.

Anda patut dan wajib waspada terhadap transmisi mauoun transisi virus hepatitis B yang telah penulis sebut dan terangkan di atas.

Jika Anda memang mempunyai resiko atau terbukti mengidap hepatitis B maka secepatnya Anda harus mendapatkan vaksin hepatitis B. Semoga bermanfaat.

Demikianlah penjelasan seputar hepatitis B. Penyakit yang dapat berlangsung kronis hingga mampu berkembang menjadi kanker hati ini sudah seharusnya memperoleh perhatian lebih. Waspadalah terhadap cara-cara transmisi virus hepatitis B yang telah disebutkan di atas. Terakhir, bila Anda memang beresiko tinggi mengalami infeksi hepatitis B, segeralah memperoleh vaksin hepatitis B.

944 total views, 3 views today

Share This: