Sejarah Meditasi

Sejarah Meditasi – Berabad-abad meditasi menjadi sebuah praktek dalam berbagai bentuk, menarik serta bermanfaat bagi seluruh penduduk dunia. Tidak bisa dipungkiri bahwa meditasi merupakan latihan spiritual kuno yang berfungsi sebagai teknik mefokuskan dan menenangkan pikiran yang kemudian menjadikan tubuh rileks, santai dan nyaman.

Walaupun tidak ada secara jelas bukti otentik mengenai sejarah meditasi, mungkin akan kita jumpai ketika kembali ke zaman kuno. Para peneliti berspekulasi jika masyarakat primitif menemukan keadaan dalam kesadaran meditasi sambil menatap ke arah api unggun ketika malam hari.

Di sebuah lembah Hindustan pernah arkeolog menemukan sesosok yogi menunjukkan latihan yoga. Hal ini kemudian menjadikan asumsi bahwa yang pertama kali menciptakan meditasi adalah berasal dari peradaban India. Karena menurut perkembangan bahwa masyarakat beradab mulai muncul kemudian meditasi telah menjadi praktik yang terorganisir.

Saat ini kemudian meditasi merambah pada ranah agama, kesehatan dan spiritual. Pada intinya meditasi seakan-akan menjadi solusi praktis atas berbagai problem yang menimpa hidup manusia.

Meditasi sudah ada sejak 5000 tahun lalu, hal ini didukung karena ada sebuah bukti didalam kitab India kuno. Nama lain dari meditasi di dalam kitab itu adalah tantra.

Iya, sang Budha merupakan ikon utama dari meditasi. Menurut sejarahnya Sang Budha sebelum mencapai pencerahan sebagai Budha beliau dikenal lebih dahulu dengan nama Siddharta Gotama. Namun yang menjadikan dirinya menjadi seorang Budha adalah karena hasil eksperimennya sendiri melalui teknik meditasi.

Sang Budha menguasai teknik-teknik mediatsi dengan cepat. Kemudian ia mengembangkan jhaana dan berbagai ketrampilan supranormal berdasarkan pengalaman pribadi, dan mengembangkan praktik yang dikenal sebagai samatha.

Ketrampilan samatha adalah cara menenangkan batin dan bertujuan mengembangkan konsentrasi. Jenis konsentrasi ini kemudian dikenal dengan vipissanaa yang mempunyai arti kemampuan diri melihat hakikat kehidupan dan dunia melalui meditasi. Kwmudian ketika sudah melakukan teknik ini maka akan mencapai titik nirwanayang emrupakan tujuan inti dalam Buddhis.

Kemudian menurut sejarah Sang Budha mengajarkan teknik meditasi ini kepada murid-muridnya. Kemudian murid-murid beliau menyebarkan luara agama Budha dan meditasi ke seluruh penjuru Asia. Kemudian semua ajaran beliau yaitu meditasi masing-masing tempat berkembang, katrena banyak teknik yang meditasi yang mereka tambahkan menurut interpretasi mereka sendiri dan menambahkan cara yang unik untuk berlatih meditasi.

Para sejarawan Islam juga mengatakan bahwa para sufi juga menyatakan meditasi ada sejak awal mula agama Islam berdiri melalui nabi Muhammad. Tidak bisa di pungkiri bahwa meditasi dalam Islam adalah dalam bentuk shalat, karena shalat adalah sebagi bentuk konsentarsi dan fokus terhadap Tuhan YME. Sama dengan meditasi, yaitu memfokuskan pikiran pada satu titik, dan satu titik dalam Islam adalah konsentrasi pada satu sembahan yaitu Allah SWT.

Selain itu bentuk meditasi lain juga banyak. Bebagai agama sudah menunjukkan berbgaai teknik meditais menurut berbagai interpretasi mereka baik Yahudi, Kristen, Hindu dan berbgaai agama lain di berbagai penjuru dunia. Namun hal ini tidak begitu luas seperti yang ada di wilayah Asia dan timur tengah.

Menurut sejarahnya, meditasi menyebar kepada ribuan penduduk barat setelah berakar kuat budaya timur. Kemudian menyebar laus ke benua Amerika. Setelah adanya meditasi di wilayah tersebut pada tahun 1960 dan 1970-an kemudian banyak penelitia dari ahli kejiwaan serta medis meneliti tentang medotasi, menurut mereka banyak sekali manfaat meditasi dalam dunia kesehatan fisik, mental dan emosionla.

Kemudian di dalam dunia medis sekarang ini banyak diajarkan dalam hubungannya dengan masalah kesehatan. Meditasi kemudian menjadi solusi dan resep dalam berbagai teknik penyembuhan, menenangkan pikiran seperti halnya tujuan meditasi pada awal mula sejarah meditasi ditemukan.

651 total views, 7 views today

Share This: