Teknik Meditasi yang benar

Teknik meditasi yang benar – Terdapat teknik meditasi dengan berbagai jenis yang bisa Anda semua lakukan dan terapkan ke dalam kehidupan sehari-hari. Teknik meditasi merupakan cara kuno untuk menenangkan pikiran ke arah obyek tertentu, doa, atau mengheningkan diri ke dalam alam bawah sadar yang lebih mendalam tanpa ada gangguan dan keributan yang dapat mengganggu konsentrasi. Dan inilah cara bagus untuk melatih pikiran, mengarahkan pikiran ke dalam jalur tunggal demi mencari kedamaian.

Berbagai teknik dan cara dapat membantu bermeditasi agar lebih fokus pada aspek kehidupan termasuk rutinitas kehidupan Anda. Secara tidak langsung ini akan menyembuhkan Anda dari stres, sakit kepala dan berbagai jenis penyakit lain yang muncul dari dalam diri kita.

Memanfaatkan meditasi adalah sebagai cara untuk penenangan diri dan membawa ke arah damai dan positif.

Macam jenis teknik meditasi

Meditasi merupakan bagian dari hal untuk menyeimbangkan antara diri dan alam, dan hal ini harus berjalan berdampingan dan beriringan, karena tanpa adanya keduanya energi kehidupan tidak ada seimbang.

Emosi, situasi, dan interaksi dengan sekitar akan terkontrol dengan hadirnya meditasi yang kita jalankan setiap hari.

 


Baca Juga :


Teknik pernafasan

Teknik meditasi yang pertama yaitu teknik pernafasan. Teknik ini juga merupakan teknik klasik yang menjadi pintu utama dalam dunia meditasi. Iya, bernafas dan merasakan keluar masuknya udara dari hidung adalah teknik meditasi awal yang harus dipelajari. Jangan khawatir, karena ini merupakan cara yang sangat mudah dan tidak perlu Anda semua jadikan beban.

Lakukan teknik meditasi ini dengan cara duduk bersila, tempatkan tangan di atas lutut, sentuhkan ujung telunjuk dan ibu jari. Namun jika tidak bersentuhan juga tidak apa-apa. Fokus utama adalah pada keluar masuknya udara melalui hidung. Fokus utama adalah keluar masuk udara melalui hidung, bagaimana rasanya bernafas dalam-dalam, bagaimana rasanya menarik nafas dalam-dalam, bagaimana rasanya udara masuk ke dalam diafragma. Ingat, untuk meditasi usahakan menggunakan diafragma atau pernafasan perut.

 

 

Teknik fokus

Teknik meditasi fokus ini sebenarnya hampir sama dengan teknik pernafasan, hanya saja untuk fokus adalah menciptakan satu titik pada pikiran dengan memejamkan mata. Namun untuk membantu hal ini jika ada yang tidak bisa berkonsentrasi maka gunakan teknik konsentarsi pada api lilin yang menyala, atau memfokuskan diri pada suara alam, aroma atau musik instrumental lainnya yang sekiranya bisa membantu Anda agar fokus lebih dalam.

Pada intinya mendengarkan musik akan membantu Anda untuk fokus dan menghilangkan segala hal yang mengganggu dalam benak Anda.

 

 

Teknik meditasi berjalan

Teknik Meditasi berjalan merupakan alternatif ketiga. Teknik meditasi berjalan bisa menggunakan tempat yang sekiranya mendukung kenymanan diri kita. Tentukanlah tempat seperti di pantai, taman atau berjalan disekita rumah ketika pagi hari, mungkin bisa pilih di dalam rumah atau bisa Anda tentukan rute yang sesuai.

Teknik meditasi ini adalah memfouskan dan menyadari tapakan kaki, waktu, gerak maju mundurnya. Saat ini Anda juga memfokuskan pada keluar masuknya udara melalui hidung.

Teknik meditasi ini tentunya yang akan berguna untuk menentukan pikiran di saat merasa sendirian, pasti terasa sepi, berkaitan dengan hal ini sendirian bukan berarti merasakan kesepian dalam kelangsungan hodup Anda. Dan kemudian Anda akan menemukan kedamaian dan kebahagiaan di dalamnya.

Sebenarnya masih banyak lagi teknik meditasi yang lain, namun akan akan penulis bahas di artikel berikutnya. Semog bermanfaat.

811 total views, 0 views today

Share This: